Tiktokers Pengamen Gimbal “Kukuh Haryanto” dukung Tarso – Teguh di Pilkada Wonogiri

19 September 2024, 9:03 AM
285 Views
Kukuh Haryanto, pengamen gimbal yang viral (Dok: istimewa)
Kukuh Haryanto, pengamen gimbal yang viral (Dok: istimewa)

LunpiaJatengNews.com – Nama Kukuh Haryanto mendadak viral saat pemilu legislatif 2024 yang lalu. Kegiatan sehari-harinya bahkan diliput media TV nasional seperti TvOne, Trans7 dan sejumlah media pemberitaan nasional lainnya. Namanya melejit karena ia menjadi satu-satunya caleg dengan penampilan unik berpenampilan rambut gimbal. Selain tampilan yang unik, Kukuh juga sering menyanyikan lagu-lagu ciptaannya sendiri dengan lirik yang enak didengar dan mudah dihafal.

Kini, Kukuh sapaan akrabnya, kembali menggegerkan media sosial TikTok dengan membawa lagu baru nya berjudul “Wonogiri Tangguh”. Sepenggal baitnya sebagai berikut “Tarso siji Tarso Kabeh – Teguh siji Teguh Kabeh, Tarso Teguh nggo Wonogiri ora mung dinggo wong siji”.

Penggalan lagu yang diunggah di akun tiktok @kukuhporso itu kini viral dan ditonton lebih dari 100 ribu pengguna akun TikTok. Tak hanya itu, penggalan lagu itu juga dipakai oleh sejumlah netizen untuk menggambarkan dukungan terhadap calon bupati dan wakil bupati Wonogiri Tarso – Teguh.

Kukuh yang merupakan aktivis lingkungan itu selalu menyuarakan keresahan masyarakat Wonogiri. Ia sering mengunggah berbagai peristiwa di wilayah kabupaten Wonogiri. Tidak hanya melulu persoalan politik, beberapa waktu yang lalu ia menyuarakan rusaknya sebagian jalan di Wonogiri yang mengakibatkan sejumlah pengendara mengalami kecelakaan. Ia juga sering memunguti sampah di pinggir jalan sekaligus menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Tampilan TikTok Kukuh Haryanto @kukuhporso

Belakangan, Kukuh yang memiliki setengah juta follower di akun TikTok nya itu kini aktif memberikan dukungan kepada calon Bupati Tarso Teguh. Berikut jawaban Kukuh saat media LunpiaJatengNews melakukan wawancara kepadanya, (Rabu, 18 September 2024):

Mas Kukuh saat ini aktif mengkampanyekan pasangan Tarso – Teguh, apa yang menjadi alasan Mas Kukuh memberikan dukungan terhadap pasangan TANGGUH tersebut ?

Kukuh : Saya mendukung beliau karena sejumlah alasan. Pertama, beliau berdua memiliki kepribadian yang santun dan “ngajeni”. Kami para seniman dan aktivis lingkungan di Wonogiri merasa “diuwongke”. Teman-teman konten creator lain juga merasa begitu. Pasangan TANGGUH ini paket lengkap. Ngajeni, nguwongke, ngopeni dan paham persoalan Wonogiri. Kedua, kami sudah berkali-kali diskusi baik dengan Pak Tarso maupun Mas Teguh. Gagasan membangun Wonogiri ke depan sangat bagus. Apalagi mereka berdua sudah menjalani sebagai pengusaha. Mas Teguh sangat fasih berbicara pemberdayaan UMKM, Ekonomi Mikro, Ekonomi kreatif millennial yang bertujuan untuk menyerap tenaga kerja para anak-anak muda. Ini sangat bagus menurut saya. Sedangkan Pak Tarso berbicara konsep bagaimana mensejahterakan masyarakat dengan memberikan dana kas per RT 10 juta rupiah. Itu hal menarik yang bisa membangkitkan ekonomi rakyat. Ini tidak disuarakan oleh paslon lain. Makanya saya mantap dukung beliau berdua;

Menurut Mas Kukuh, apa persoalan utama di Wonogiri yang harus diselesaikan oleh Bupati – Wakil Bupati terpilih mendatang ?

Kukuh : Menurut saya, persoalan utama yang harus diselesaikan adalah pembangunan infrastruktur jalan di Wonogiri yang harus merata sampai kampung-kampung. Kedua, segera membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya, tentu hal ini bisa dilakukan dengan menggandeng investor. Kalo kabupaten/kota tetangga saja bisa, kenapa Wonogiri tidak. Wonogiri memiliki sumber daya alam yang bagus. Sangat potensial untuk menjadi daerah yang maju pesat dalam tiga sampai lima tahun yang akan datang, jika pemimpinnya paham tata cara mengelola dan memajukannya. Sehingga warga kita tidak perlu banyak yang merantau keluar kota. Wonogiri tempat kelahiran sekaligus tempat mencari nafkah. Saat ini UMR di Wonogiri sangat rendah. Tentu ini menjadi persoalan sendiri bagi para pekerja di Wonogiri.

Diakhir wawancara, Kukuh mengajak masyarakat Wonogiri untuk menyadari pentingnya memilih pemimpin. “Milih sepisan 5 tahun, kudu iso nyaring tenanan. Ojo sampai salah pilih. Yen aku wes mantep milih Tarso – Teguh” pungkasnya. (Milih sekali dalam 5 tahun, harus bisa menyaring dengan benar. Jangan sampai salah pilih. Kalau saya sudah mantap memilih Tarso – Teguh).

Pilkada Wonogiri diikuti oleh dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri, yaitu H. Tarso, S.IP berpasangan dengan K. Teguh Suryono (TANGGUH) dan Setyo Sukarno – Imron Ryzkyarno (SETIA). 

(Kontributor : Ana Widy)

 

 

Baca Juga

Oktober 10, 2024

Program Super Prioritas Yoyok Sukawi-Joko Santoso untuk Semarang yang Lebih Baik

Lunpiajatengnews, Kota Semarang - Dalam upaya meraih kepercayaan masyarakat Kota Semarang, calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut 02, Yoyok Sukawi dan Joko Santoso, telah merumuskan sejumlah...

Oktober 7, 2024

Demokrat Jateng Konsolidasi Menangkan Luthfi Yasin

LunpiaJatengNews.com, Semarang - Partai Demokrat Jateng menggelar konsolidasi pemenangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin di Pilgub Jawa Tengah. Selain Cagub-Cawagub Nomor Urut 2 itu, Demokrat Jateng juga siap...

Oktober 4, 2024

Rinto Subekti Dilantik DPR RI, Ini Harapan Relawan

Lunpiajatengnews, Wonogiri - Rinto Subekti, anggota DPR RI terpilih dari Dapil Jateng IV yang meliputi Wonogiri, Sragen dan Karanganyar, dilantik Per 1 Oktober 2024 di Gedung DPR MPR RI, Senayan,...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Langganan Newsletter

Recent News